Menu

Dorong Semangat Pemuda Prabumulih untuk Terus Berwirausaha

Prabumulih, Senyum Untuk Negeri – Sekitar 30 pemuda berada di wilayah PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) Area Sumbagsel (SBS) mengikuti pelatihan bertajuk “keterampilan pemuda mandiri” dipusatkan di Kantor PDSI Bawang Kemang, sejak Kamis lalu (25/10). Perwakilan SUN Foundation, Tatang Somantri mengatakan, ada dua fokus Pelatihan Keterampilan Pemuda Mandiri yaitu,
pelatihan AC (Air Conditioning) dan pelatihan las listrik. “Pelatihan ini sengaja diberikan untuk mendorong kewirausahaan pemuda. Khususnya, pemuda di sekitar wilayah PT PDSI SBS. Kali ini, ada 7 peserta pelatihan AC dan 23 pelatihan las listrik,” jelas Tatang (26/10).

Sambungnya, tujuan pelatihan ini membangun kewirausahaan pemuda. Pesertanya berasal dari pemuda karang taruna dari kelurahan/desa di sekitar perusahaan.”Memang terlihat, pelatihan las listrik paling diminati ketimbang pelatihan AC. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama difokuskan pada teori pelatihan dan hari kedua menitik beratkan pada praktek. “Inti pelatihan di sini, supaya pemuda benar-benar memiliki keahlian. Sehingga, mendorongnya berwirausaha dengan bekal pelatihan dan juga alat yang diberikan,”.

Ungkapnya, tidak hanya pelatihan keterampilan pemuda mandiri, ada juga kelanjutan program budidaya dan pengolahan nanas prabumulih yang telah dilakukan sebelumnya oleh masyarakat sekitar perusahaan. “Pengelolaan nanas sedang kami siapkan untuk segera berjalan. Kita juga melaksanakan program gerakan hidup sehat, baru lauching di Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Mubtabiin belum lama ini,” bebernya.

Manager Area PT PDSI SBS, Danang Hermanto diwakili Asmen Sekuriti, Rony Ronfika mengatakan, program yang dijalankan tersebut adalah bentuk kontribusi dan kepedulian perusahaan kepada wilayah disekitarnya. “Diambil tema pelatihan keterampilan pemuda mandiri, lantaran berbarengan dengan peringatan sumpah pemuda 28 Oktober. Kita harapkan pemuda-pemuda di sekitar perusahaan, punya bekal keterampilan untuk mandiri. Alat bantu yang diberikan diharapkan mampu diguanakan dengan baik sehingga bisa langsung dibentuk kelompok wirausaha,” tukasnya. Program tersebut salah satu bentuk dari beberapa program Corporate Social Responsibilty (CSR) PT PDSI. “Sehingga, keberadaan perusahaan terus dirasakan manfaatnya,” pungkasnya. (mnc)

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

AKAKAKAKAKAKAKAK
  TOP